Kapal Serbu Amfibi Terbesar AS Sedang Dikerahkan Ke Laut China Selatan


INDOSEJATI.com - USS America (LHA-6), adalah kapal serbu amfibi terbaru dan terbesar milik Angkatan Laut Amerika Serikat, akan dikerahkan ke wilayah Asia tahun ini dalam mengantisipasi konflik dengan China, demikian seperti dilansir dari China Topix.

USS America (LHA-6) saat ini sedang melakukan operasi Amphibious Squadron / Marine Expeditionary Unit Integration dengan awak lebih dari 1.000 pelaut dan membawa 1.600 pasukan dari Korps Marinir AS.

USS America adalah kapal utama dari kapal serbu amfibi kelas Amerika yang dirancang untuk meluncurkan Ekspedisi Satuan Marinir menggunakan helikopter dan pesawat tilt-rotor MV-22B Osprey V/STOL. Kapal serbu amfibi ini akan didukung oleh pesawat tempur Boeing AV-8B Harrier II atau Lockheed Martin F-35 Lightning II V/STOL dan berbagai helikopter tempur.

Angkatan Laut AS berencana untuk membangun 11 unit LHA, dengan deck penerbangan besar, mengklasifikasikan mereka sebagai kapal induk kecil. USS Amerika adalah kapal pertama dikelasnya, yang dirancang untuk menggantikan kapal serbu amfibi kelas Tarawa.

Pengujian F-35B di kapal USS America, telah diselesaikan pada akhir 2016 dan kemampuan F-35B telah diverifikasi untuk beroperasi dari LHA tersebut. F-35B adalah varian dari F-35 yang memiliki kemampuan untuk lepas landas pendek dan mendarat vertikal (STOVL) dan merupakan varian dari F-35 yang hanya dioperasikan oleh Korps Marinir AS.

LHA kelas America mampu menyebarkan setidaknya selusin F-35B. Kombinasi muatan USS America (LHA-6) saat ini adalah pesawat “fixed wing” meliputi 6 unit F-35B dan 6 unit Boeing AV-8B Harrier II, yang akan memasuki masa pensiun. Kapal serbu amfibi ini juga dapat menyebarkan 4 unit helikopter serang Bell AH-1Z Viper, 4 unit helikopter Sikorsky CH-53E Super Stallion, 12 unit Bell Boeing MV-22 Ospreys dan 2 unit helikopter SAR Sikorsky MH-60S.

Keberhasilan dalam mengubah LHA menjadi “kapal induk kecil” memberikan taring yang kuat untuk doktrin Angkatan Laut AS yang baru yaitu “distributed lethality” yang bertujuan untuk mengubah sebanyak mungkin kapal perang permukaan untuk menjadi kapal induk kecil.

Ada dua unit kapal serbu amfibi kelas America lainnya yang sedang dalam pembangunan, yaitu USS Tripoli (LHA-7) dan USS Bougainville (LHA-8). LHA 7 dijadwalkan untuk dikirim ke Angkatan Laut AS pada bulan Desember 2018 sementara LHA 8 akan bergabung dengan Angkatan Laut AS pada tahun 2024.

USS America dipersenjatai dengan 12 jenis sistem senjata pertahanan, termasuk 2x peluncur RIM-116 Rolling Airframe Missile (RAM) Mk peluncur 49, 2x Raytheon CIWS Phalanx 20 mm dan 7x senapan mesin kembar kaliber .50.


Sumber: JakartaGreater

Postingan terkait: