Perbandingan Militer Korea Utara dan Malaysia yang Bagaikan Gajah dan Semut


INDOSEJATI.com - Korea Utara terkenal akan senjata nuklir yang katanya dahsyat, jadi negara-negara lain nggak berani macam-macam. Apalagi pimpinannya, Kim Jong Un terkenal bengis dan diktator abis. Lengkap sudah kedigdayaan negara ini. Siapa yang berani macam-macam bakalan langsung dilibas.

Belakangan ini Kim Jong Un kehilangan seorang kakak angkat di Malaysia. Setelah diusut, kakak angkat Jong Un ini dibunuh oleh oknum yang belum diketahui siapa kepalanya. Pihak Malaysia pun nggak tinggal diam dan berusaha mengusut kasus ini. Namun, Kedubes Korea Utara untuk Malaysia berkata lain. Ia malah menuduh Malaysia lambat menangani kasus ini dan menuduh Malaysia bersekongkol dengan pembunuh Jong Nam. Waduh!

Atas kelakuannya dubes Korea Utara tersebut, Malaysia mendepaknya dengan status persona non grata. Nah lho, serem banget kan? Nggak mendoakan sih, tapi andaikan sampai terjadi adu kekuatan militer dua negara tersebut, kita reka-reka yuk kira-kira siapa yang bakalan jadi jawara dengan membandingkan kekuatan militer mereka.


Ranking Malaysia Terpaut Jauh dari Korea Utara
Perbandingan pertama kita lihat dari segi ranking yang ada di Global Fire Power. Menurut situs ini, Malaysia berada pada urutan ke-34 dari 126 negara yang tercatat di sana. Malaysia memiliki sekitar 30 juta lebih penduduk. Dari segi populasi mereka bolehlah jumawa, tapi untuk rangking Korea Utara berada pada urutan ke-25. Lumayan jauh berada di atas Malaysia. Padahal populasi Korea Utara hanya sekitar 25 juta jiwa saja.

Jumlah Personil Militer Aktif Malaysia Nggak Ada Apa-Apanya Dibanding Korea Utara

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, jumlah populasi Malaysia lebih besar dibanding Korea Utara. Hal tersebut juga dialami Malaysia pada jumlah kekuatan manusianya. Kekuatan manusia Malaysia berjumlah lebih besar daripada Korea Utara, yaitu 15 juta orang. Namun, soal masalah personil militer yang aktif, Korea Utara masih menjadi jawaranya. Negeri pimpinan Kim Jong Un ini memiliki jumlah personil militer aktif yang jumlahnya berada di atas Malaysia. Total personil militer aktif di Korea Utara adalah sebanyak 700 ribu orang, sedangkan Malaysia hanya memiliki jumlah 110 ribu orang saja.

Korea Utara Memiliki Kekuatan Udara yang Dahsyat

Masalah sumber daya manusia, bolehlah Malaysia yang lebih banyak. Namun, pemegang kekuatan tetap saja dipegang oleh Korea Utara. Lalu bagaimana kalau dilihat dari segi angkatan udara? Global Fire Power mencatat Korea Utara memiliki jumlah pesawat dengan total 944 buah. Malaysia? Koleksi pesawat Malaysia jauh berada di bawah Korea Utara, yaitu 227 buah. Jumlah armada angkasa Korea Utara meliputi helicopter sebanyak 202 buah dan pesawat tempur sebanyak 458 buah.

Kekuatan Darat Malaysia Digempur Korea Utara

Sekarang kita berbicara mengenai kekuatan darat kedua negara. Urusan kekuatan darat Korea Utara masih memegang posisi terkuat. Bahkan Malaysia bisa diganyang habis oleh Korea Utara. Global Fire Power mencatat, Korea Utara memiliki jumlah tank sebanyak 4.200 buah. Malaysia sendiri memiliki jumlah tank yang jumlahnya sangat amat jauh sekali dari Korea Utara. Frasa ‘sangat amat jauh sekali’ memang bener lho, karena Malaysia hanya memiliki jumlah tank sebanyak 74 buah saja.

Di Laut Korea Utara Juga Tetap Merajai
Untuk kekuatan laut, Korea Utara juga masih merajai. Jumlah kekuatan laut Korea Utara hampir berjumlah 1000 buah, tepatnya sebesar 967. Dengan kekuatan ini, tentu saja jika sampai terjadi peperangan gegara dubes Korut, dari segi kelautan Malaysia bisa tenggelam dengan mudah. Di segi angkatan laut pun, Malaysia terpaut jauh dengan Korea Utara. Malaysia hanya memiliki armada laut sebanyak 61 buah.

Melihat dari kekuatan militer Korea Utara dan Malaysia, sudah barang tentu dari segi kekuatan Korea Utara menjadi juara. Namun, apa yang ada pada statistik belum tentu terwujud di kenyataan. Terlebih lagi, kita berharap agar peperangan antar negara manapun tak terjadi.


Sumber:Boombastis

Postingan terkait: