Menengok Kekuatan Militer Belanda yang Sekarang Sangat Ecek-ecek


INDOSEJATI.com - Orang Indonesia pasti akrab dengan negara yang berada di barat laut Eropa ini. Belanda adalah negara yang dulu membawahi VOC yang mengeruk sumber daya alam Indonesia selama 3,5 abad. Jika mendengar cerita tentang sejarah Indonesia saat di bawah penjajahan Belanda, kita akan menganggap si negeri tulip sebagai negara yang jauh lebih kuat. Padahal kenyataannya sama sekali tidak.

Belanda dulu memang pernah memiliki kekuatan militer yang luar biasa. Armada lautnya pun tidak main-main. Tapi kini, kekuatan militer negara terliberal di dunia itu lebih lemah daripada negeri yang pernah ia jajah. Menurut data Global Fire Power, Indonesia menduduki peringkat ke-14 sebagai negara dengan militer terkuat di dunia. Sementara Belanda berada 25 peringkat lebih rendah daripada Indonesia, yaitu di urutan ke-39. Ada apa dengan militer negeri kincir angin ini?


Jumlah Personel Militer yang Sedikit
Belanda memang bukan negara besar dan sedang tidak dalam keadaan darurat militer. Mungkin karena itu mereka santai saja meskipun hanya memiliki personel militer lima puluh ribu jiwa saja. Toh, wilayah cakupannya juga sangat sempit. Sisi buruknya, jika mendadak muncul gerakan separatis atau teroris dengan jumlah yang cukup banyak, militer Belanda akan kekurangan tenaga untuk menghalaunya. Apalagi mengingat Belanda adalah negara yang lebih bebas daripada Amerika Serikat dan sangat terbuka pada wisatawan serta pelajar asing.


Pertahanan Angkatan Darat Abal-abal
Sama seperti negara lain, Belanda juga memiliki kendaraan tempur. Itu hal biasa. Tapi jika dibandingkan jumlahnya, Belanda terlihat seperti negara yang sedang main-main. Hanya ada sekitar seribu kendaraan tempur personal saja yang dimiliki oleh tentara angkatan darat. Jangan tanya tentang tank. Mereka tidak punya sama sekali! Persenjataan yang ada benar-benar sangat minim.


Angkatan Laut pun Biasa Saja
Melihat foto jajaran kapal tempur milik angkatan laut bisa membuat kita bergidik karena takut. Sayangnya itu tidak akan terjadi jika kita melihat pertahanan laut Belanda. Kapal tentara mereka memang kelihatan keren sih. Tapi kekuatannya nggak seberapa. Jumlahnya pun bisa dihitung dengan jari! Miris sekali karena sebelum Perang Dunia II, armada laut Belanda cukup gahar dan mengintimidasi negara lain.


Kekuatan Angkatan Udaranya Lumayan
Jika dibandingkan dengan pertahanan angkatan darat dan laut yang seperti mainan, kekuatan angkatan udara Belanda cukup bikin musuh berpikir dua kali untuk menyerang. Cukup masuk akal mengingat musuh bisa lebih mudah menyerang lewat udara dibanding lewat darat. Sejak awal berdiri di tahun 1913, tentara angkatan udara Belanda memang dikenal kuat dan berani. Ini juga yang menjadi andalan negeri oranye ini saat Perang Dunia II.


Di balik kekuatan militer yang remeh ini, ternyata dana yang dikucurkan untuk pertahanan negara cukup banyak yaitu $9 milyar. Ini jumlah yang bahkan lebih banyak daripada anggaran pertahanan militer Indonesia. Entah mengapa dana sebanyak itu tidak bisa menghasilkan kekuatan yang maksimal. Semestinya Belanda bisa menggunakan anggaran dengan lebih bijaksana karena terorisme dan radikalisme tengah marak. Belanda tentu bukanlah negara pengecualian yang bisa terbebas dari gerakan-gerakan membahayakan.

Sumber : Boombastis

Postingan terkait: