Mengira Indonesia Berubah Jadi IndoChina, Banyak Netizen Murka di Twitter


INDOSEJATI.com - Pengguna media sosial Twitter di Indonesia dihebohkan oleh unggahan tulisan berikut foto yang mempertanyakan perihal Indonesia sudah berganti nama menjadi Indochina.

Kehebohan di Twitland yang terjadi, itu bermula dari foto layar informasi pengeluaran barang penumpang pesawat yang disebut ada di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Dalam layar tersebut, tertera tulisan "Indochina" bersama daftar nama-nama negara seperti Brunei, Filipina, Singapura, Selandia baru, dan Australia.

Foto tersebut diunggah oleh netizen ke Facebook, dan dibubuhi tulisan yang dinilai provokatif.



"Pass mau check in di Bandara KLIA2 Malaysia, pas lihat di papan info, ada tulisan INDHOCHINA. Saya tunggu mana INDONESIA tapi tetap tak muncul. Jadi di mana letak negara INDOCHINA? mikir dan sadar lah saudaraku Indonesia," tulis pengguna Facebook tersebut.

Unggahan di Facebook itu lantas dikliping netizen dan diunggah ke Twitter. Kontan, unggahan itu menyulut emosi banyak pengguna medial sosial tersebut.

"What's going on with Indonesia? Sold out? (Apa yang terjadi dengan Indonesia? sudah dijual?)" tulis @Gemacan70 sebagai keterangan klipingan tersebut. Ia juga menautkan unggahannya ke akun @DPR_RI, @mprgoid, @adlizon, dan @FahriHamzah.

"Sudah hilangkah nama Indonesia menjadi Indochina di bandara Malaysia?" tulis @didimening

"...penghinaan Indonesia! meenyebut sebagai IndoChina," tulis @mata_indigo.

"Ini negara kok tidak ada wibawanya ya. Sepertinya Indonesia ini sudah tidak ada di mata dunia," sesal akun @delf_piliang.

Namun, netizen yang marah dan menduga ada "konspirasi global" menggembosi NKRI ternyata tidak mengetahui Indochina berbeda dari Indonesia.

Beruntung, sejumlah netizen yang "gerah" terhadap kemarahan tanpa didasari pengetahuan mencukupi, menjelaskan perbedaan Indochina dengan Indonesia.

"Indochina itu area semenanjung Asia Tenggara bekas jajahan Prancis (Vietnam-Kamboja-Laos). Disebut gt krn posisinya di antara India & China," terang @tygerd.

"Indo China itu istilah untuk negara2: Vietnam, Laos & Cambodia. Benci boleh, bodoh jangan," papar @papa_danzel.

Untuk diketahui, Indochina merupakan sebutan lazim untuk negara-negara yang berada di tengah-tengah India dan China atau Tiongkok. Negara-negara yang masuk kategori Indochina secara geografis maupun kebudayaan adalah Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Laos. Indochina juga lazim digunakan untuk menyebut negara-negara Asia Tenggara bekas jajahan Prancis.


Sumber:Suara.com

Postingan terkait: