Mengenal Pasukan Intelijen Tempur Rahasia Terhebat, Di Indonesia Salah Satunya !!

INDOSEJATI.com - Intelijen merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah negara. Intelijen berfungsi sebagai mata dan telinga pemerintah untuk menentukan sebuah kebijakan. Setiap negara pasti mempunyai pasukan intelijen, namun hanya beberapa negara yang memiliki pasukan intelijen tempur super rahasia.

Intelijen sendiri terbagi atas dua jenis intelejen sipil dan militer, yang masing-masing memiliki fungsi dan peranan yang berbeda. Sebagai pasukan intelijen kerahasiaan merupakan “nafas utama”, dan berikut ini pasukan intelijen yang sepak terjangnya sudah mendunia dan sulit diungkap keberadaanya dan aksinya dalam medan tempur.

Penyelesaian tugas yang tanpa diketahui merupakan sebuah keberhasilan mutlak pasukan ini. Berikut merupakan pasukan intelijen tempur super rahasia yang ada di dunia.


CIA SAD Amerika Serikat



CIA SAD atau biasa disebut Central Intelligence Agency Special Activities Division, cabang paramiliter milik CIA ini didapuk untuk melaksanakan misi super rahasia.

SAD terdiri dari 3 cabang utama Ground Branch, Maritime Branch, dan Air Branch. SAD berisi para personel mantan pasukan khusus seperti Navy SEALS, Green Berets, dan Delta Forces. Salah satu misi yang paling gemilang dilakukan SAD adalah operasi tempur di Afganistan untuk menghancurkan pasukan taliban dan Al-Qaeda.


GRU Rusia

GRU singkatan dari Glavnoye Razvedyvatelnoye Upravleniye, merupakan direktorat intelejen utama dibawah kendali AD Rusia. Jika dipadankan dengan Indonesia satuan ini seperti Grup 3 Kopassus, dimana satuan ini lebih fokus pada pengumpulan data intel dan intel tempur.

GRU beraksi tempur sejak Perang Dunia I hingga konflik di Suriah. Satuan ini sangatlah rahasia, bahkan aksinya sangat sulit dideteksi. Unit ini lazim disamarkan atau digabungkan dengan satuan lain seperti VDV dan unit lainnya untuk menyamarkan identitas GRU ketika beraksi.


SASR Australia



SASR atau Special Air Service Regiment pasukan khusus asal Australia yang sangat terkenal di dunia. Hingga kini masih menjadi perdebatan mengenai keberadaan Skadron 4 yang berisi pasukan berkemampuan intelejen tingkat tinggi.

Banyak kisah yang beredar bahwa squadron 4 berisi personel wanita. Catatan sejarah intelijen dunia membuktikan, pengerahan agen wanita sering kali membawa hasil yang gemilang. Hingga kini sangat sulit mencari bukti keberadaan unit ini, terlebih pemerintah Australia berusaha menutupi informasi mengenai Skadron 4 SASR.

Kopassus Grup 3



Kopassus grup 3, salah satu pasukan super rahasia yang hanya boleh digerakan atas perintah panglima TNI. Pasukan ini bertugas mengumpulkan data intelijen tempur di wilayah lawan, jauh sebelum pasukan utama masuk ke wilayah tempur. Misi intel di Aceh dan Papua menjadi ajang pembuktian pasukan Grup 3. Satuan ini memiliki sasanti atau moto Catur Kottaman Wira Naraca Byuha.


Sumber: IndoMiliter

Postingan terkait: