Mantap! Intel Korut Pernah Ditangkap BIN, Pangkatnya Kolonel


INDOSEJATI.com - Intelijen dari Korea Utara disebut pernah berada di Indonesia. Namun, keberadaan mereka selalu berada dalam pengawasan Badan Intelijen Negara (BIN)

Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Asad Said Ali menjelaskan, mereka berada di Indonesia hanya untuk melakukan spionase terhadap negara tetangga, Korea Selatan. Bahkan, lembaga telik sandi Indonesia pernah menangkap intel Korea Utara dengan pangkat kolonel.

"Kalau tidak pasti ada tindakan, dulu kami pernah tangkap‎ dari Korut, pangkatnya Kolonel kita tangkap di sini," katanya seperti dilansir jpnn.

Selama ini, lanjut Asad, intel-intel Korut hanya melakukan operasi intelijen kepada dua kelompok saja. Pertama, sasaran mereka yang dianggap sebagai lawan politik di dalam negeri.

"Kalau Indonesia tidak. Kalaupun ada pasti nggak akan dieskpose, diselesaikan langsung tanpa ada media tahu lah," terangnya.

Selama menjabat dulu, Asad mengakui tak pernah ada cerita tenaga kerja Indonesia (TKI) ‎yang direkrut intel asal Korut. "Dulu belum (ada TKI yang direkrut,red)," tandasnya.


Sumber:Okezone

Postingan terkait: