Jokowi Bakal Dibuatkan Patung Lilin di Madame Tussauds Hong Kong


INDOSEJATI.com - Kesohoran museum patung lilin Madame Tussauds telah mendunia. Mulanya museum yang berisikan patung lilin replika tokoh populer dunia ini berada di London. Museum ini sendiri menjadi salah satu wahana atraksi yang sering dikunjungi oleh turis baik lokal maupun mancanegara. Tak terhitung jumlah orang populer yang diabadikan dalam bentuk patung lilin dalam museum yang didirikan oleh Marie Tussaud ini.

Seiring berkembangnya minat para pengunjung pada keunikan museum yang dikenal dapat membuat replika patung semirip aslinya ini, Madame Tussauds tak lagi hanya ada di Inggris. Museum ini kini telah merambah ke berbagai belahan dunia lainnya, seperti Shanghai, Bangkok, Jepang, Hong Kong, Amsterdam, Hollywood, dan lainnya.

Yang terbaru, Presiden ke-7 Indonesia Joko Widodo akan dibuatkan patung lilinnya oleh Madame Tussauds Hong Kong. Presiden Jokowi akan menjadi presiden Indonesia kedua yang dibuatkan patung lilin oleh museum yang menjadi perekam sejarah sejak tahun 1835 tersebut. Sebelumnya Bapak Proklamator Indonesia, Presiden Soekarno, juga dibuatkan patung lilin yang kini berdiri gagah di Madame Tussauds Bangkok.


Patung lilin Jokowi ini akan dibuat di London, Inggris dengan biaya sekitar Rp 3 Miliar dan memakan waktu kurang lebih enam bulan. Setelah itu patung lilin Presiden yang mengenakan kemeja putih lengan panjang tersebut akan dipamerkan di Madame Tussauds Hong Kong. Patung Presiden Jokowi nanti akan mengambil pose berjalan dengan mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam.

Terpilihnya Jokowi sebagai figur yang akan dijadikan patung lilin ini berasal dari survei di berbagai kalangan. Nama Jokowi keluar sebagai tokoh pemimpin yang layak dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds Hong Kong. "Presiden Jokowi adalah orang yang sangat sabar dan ramah. Dia menghabiskan banyak waktu untuk berdiskusi bersama staf kami untuk membuat patungnya terlihat lebih sempurna." ujar Jenny You, Manajer umum Museum Madame Tussauds London dikutip dari halaman resmi Madame Tussauds.

Mengapa Jokowi Dipilih
Lantas, mengapa Madame Tussauds memilih Jokowi untuk dibuatkan patung lilinnya? Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala menjelaskan bahwa museum menggelar polling.

Pertanyaan polling itu, "Siapa tokoh dunia yang pantas untuk dibuatkan patung lilinnya dan dipajang di museum?"

"Jawabannya banyak, ada siapa, siapa. Tetapi, dari kategori world leader, Pak Jokowi urutan pertama," ujar Djumala di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Di bawah Joko Widodo, ada pula sosok lain yang dipilih pengunjung untuk dibuatkan patung lilinnya, misalnya Hillary Clinton dan Donald Trump.

Tidak hanya itu, tim museum itu melakukan riset setelah nama Jokowi muncul teratas.

Dalam riset itu, tim museum menyimpulkan bahwa sosok Jokowi memang layak untuk dibuatkan patung lilin karena dianggap ikonik atau unik.



"Sosok Pak Jokowi dianggap sederhana, merakyat, dan antikorupsi. Pada jajaran pemimpin dunia negara berkembang, khususnya Asia, jarang ada yang seperti ini. Maka, diputuskanlah Pak Jokowi dibuat patung lilinnya," ujar Djumala.

Karakter itu pulalah yang akan ditonjolkan di dalam sosok patung lilin Jokowi nantinya.

Menurutnya, hasil survei yang menjadikan Jokowi masuk sebagai tokoh yang layak dibuatkan patung lilin adalah karena kedekatannya dengan rakyat. "Dia juga dikenal sebagai tokoh yang anti-korupsi di sini," jelasnya.

 Jadi tak sabar menunggu hasil jadinya ya.


Sumber: Kapanlagi.com

Postingan terkait: