Pesawat Tempur TNI Berputar-putar di Ambalat, Malaysia Waspada


INDOSEJATI.com - Kedatangan pesawat tempur tipe T50i Golden Eagle di Pangkalan Udara (Lanud) Tarakan membuat warga antusias.

Adrian (14), siswa SMP Don Bosco Tarakan. Adrian tampak asyik melihat pertunjukan udara pesawat tempur sambil mendokumentasikannya dengan telepon genggam.

Adrian yang datang bersama guru dan murid lainnya tampak semringah ketika melihat pesawat sudah lepas landas dari landasan pacu Bandara Juwata Tarakan.

“Kami pikir awalnya ini pesawat sukhoi , tapi setelah kami tanya sama tentara ternyata ini pesawat tempur yang lebih kecil dari sukhoi. Pesawat ini juga jarang-jarang ada di Tarakan,” kata Adrian.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Tarakan Kolonel Pnb Umar Faturrohman menuturkan, lima pesawat tempur asal satuan Skadron Udaran 15 Lanud Iswahjudi, Madiun itu sudah melakukan pengamanan wilayah Ambalat.

Dia mengaku mendapat informasi bahwa pihak Malaysia merespons dengan meningkatkan kewaspadaan.

“Kami berharap dengan adanya pesawat tempur di sini, kewibawaan negara Indonesia semakin tinggi. Efek dari kami menerbangkan pesawat dari Tarakan sudah diketahui juga oleh negara tetangga dari radar mereka. Kami juga hanya beroperasi pada garis batas perbatasan negara tetangga,” jelasnya.

Kehadiran lima pesawat tempur dari Skuadron 15 Pangkalan Udara (Lanud) Iswahyudi Madiun ini dalam rangka mendukung operasi “Benteng Ambalat” untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Lima jet tempur yang terdiri dari tiga pesawat jenis Golden Eagle T-50 atau T-50i buatan Korea Selatan, sudah tiba di Lanud Tarakan sejak Senin.

Selain itu, juga ikut pesawat pengintai jenis Boeing 737 dalam operasi ini.

“Benteng Ambalat adalah tugas yang dilaksanakan oleh TNI AU dengan TNI AL. Tugasnya pengamanan Ambalat. Di udaranya kita melaksanakan patroli udara, dikombinasi dengan Angkatan Laut yang melaksanakan patroli laut Ambalat,” ujar Komandan Lanud Tarakan Kolonel (Pnb) Umar Fathurrohman.  

Menurutnya, jet-jet tempur ini memang sudah mendapat tugas langsung dari Mabes TNI AU untuk patroli di Ambalat.



Sumber:http://www.jpnn.com/read/2016/11/18/481784/Pesawat-Tempur-TNI-Berputar-putar-di-Ambalat-Malaysia-Waspada-

Postingan terkait: