Korut: Kami Akan Hancurkan Pangkalan AS di Asia


INDOSEJATI- Presiden negara protektorat Korea Utara (Korut) memberi peringatan keras kepada musuh utamanya jika AS terus-menerus melakukan tindakan provokatif yang ia sebut sebagai ‘tindakan gila’.

“Situasi di perbatasan Korea semakin panas setelah AS terus meningkatkan jumlah senjata nuklirnya, termasuk pesawat pembom nuklir, diarahkan ke Korut. Kalau AS melakukan ‘tindakan gila’, kami akan menyapu bersih seluruh pangkalan AS di bawah Pacific Command, termasuk pangkalannya di Guam.” Demikian pernyataan keras pemerintah Korut seperti dikutip oleh kantor berita Rusia Ria Novosti (18/8/2016).

Ancaman resmi dari pemerintah Korut ini adalah respon terhadap aksi Pentagon yang mengirimkan pesawat pembom B-1 ke kawasan Pasifik untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir. Selain itu, dalam waktu dekat ini AS dan Korea Selatan berencana melaksanakan latihan gabungan di sekitaran perbatasan Korsel-Korut.

Pemerintah AS sendiri mengelak jika ada anggapan kalau pesawat pembom tersebut akan digunakan untuk menyerang Korut. Pihak USAF mengatakan, penempatan pesawat pembom B-1 tersebut merupakan bagian dari program rotasi armada yang rutin dilaksanakan.

Pesawat pembom B-1 rencananya akan menggantikan pesawat pembom veteran Perang Dunia II B-52.


Sumber : angkasa.co.id

Postingan terkait: