Lima Rudal Mematikan Ini Buat Indonesia Disegani di ASEAN

INDOSEJATI.com- Sebagai negara terbesar di kawasan ASEAN, Indonesia harus melengkapi alutsistanya secanggih mungkin guna mengantisipasi segala ancaman dan gangguan dari negeri tetangga yang suka usil.

Kedaulatan negara adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar. Salah satu yang menjadi keunggulan Indonesia dalam hal militer selain jumlah personel adalah alutsista darat yang bisa terbilang moncer.

Indonesia memiliki banyak rudal penghancur dengan kekuatan sangat mematikan. Ketersediaan rudal-rudal perang milik Indonesia pantas membuat negara-negara di ASEAN ketar ketir.

Apalagi, Indonesia ditunjang dengan jumlah personel dan kemampuan tempur prajuritnya yang mengagumkan. Berikut lima rudal penghancur milik Indonesia yang bisa bikin ciut nyali negara tetangga.

Rudal Raytheon AGM-65K2




Raytheon AGM-65K2 merupakan rudal yang biasa dipasang pada jet tempur F-16. Dilansir dari laman boombastis.com, rudal ini berdiameter 300 mm dan panjang 2,49 meter dengan jarak tembak hingga 24 kilometer. Ia memiliki kecepatan hingga 1.100 km per jam sehingga bisa secepat kilat mengancurkan targetnya.

Rudal canggih buatan Amerika Serikat (AS) yang pertama kali diproduksi tahun 1972 itu telah digunakan oleh 30 negara di dunia. Khusus di Indonesia rudal jenis ini dioperasikan oleh Skadron Udara bersama 10 unit F-16 serta 24 F-16 C/D.

Rudal KH-59ME




KH-59ME adalah rudal pabrikan buatan Rusia yang dipasangkan di pesawat tempur jenis Sukhoi Su-27 dan Su-30.

Rudal tersebut mampu melesat hingga jarak 115 kilometer dengan speed mencapai 1.100 kilometer per jam. Negara yang memakai rudal jenis ini yaitu Indonesia, Tiongkok, dan Korea Utara.

Rudal Exocet MM40 Block 3




Exocert MM40 Block 3 merupakan rudal varian baru milik Indonesia. Sebelumnya, Indonesia telah memakai Block 2 dan sering digunakan untuk uji coba.
Exocert MM40 Block 3 ini memiliki panjang 5,8 meter dan bobot 870 kg. Rudal ini mampu meluncur dengan radius maksimal hingga 200 km.

Rudal R-73




Rudal canggih buatan Rusia ini diciptakan sebagai pelengkap berbagai pesawat tempur seperti Sukhoi. Rudal dengan bobot 105 kg dan panjang 2,93 meter ini pertama kali diproduksi pada tahun 1984 dan terus dimodernisasi hingga kini.
Indonesia, Suriah dan Korea Utara menjadi negara terdepan yang menggunakan rudal ini sebagai persenjataan militernya.

RBS-15 MK3



Rudal multi platform buatan Jerman ini memiliki panjang hingga 4,35 meter dengan wingspan 1,4 meter. Adapun bobotnya bisa mencapai 800 kg dengan jarak tempuh 200 kilometer.
Rudal ini dapat dipasangi pada truk militer, pesawat tempur hingga kapal perang. Indonesia sendiri memasang rudal ini pada Kapal Cepat Rudal atau KCR dengan nama Klewang. Indonesia tercatat memiliki empat unit peluncur rudal RBS-15 MK3.


Sumber:http://news.okezone.com/read/2016/04/04/337/1353362/lima-rudal-mematikan-ini-bikin-indonesia-disegani-di-asean?page=1

Postingan terkait: