Alhamdulillah !!! 10 WNI Sandera Abu Sayyaf Telah Dibebaskan


INDOSEJATI.com- 10 warga negara Indonesia (WNI) yang disandera oleh kelompok Abu Sayyaf akhirnya dibebaskan. Mereka dibebaskan setelah hampir satu bulan ditawan.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso membenarkan jika 10 WNI tersebut telah dibebaskan. "Iya betul (10 WNI dibebaskan Abu Sayyaf) karena dari laporannya seperti itu," ujar pria yang akrab disapa Bang Yos kepada Okezone, Minggu (1/5/2016).

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menambahkan, saat ini 10 WNI tersebut telah berada di kediaman Gubernur Abdusakur Mahail Tan di daerah Jolo, Filipina, dan diperkirakan sore nanti akan tiba di Lanud Halim Perdanakusumah.

"Nanti sore diperkirakan akan sampai ke Halim, jadi tunggu ya," katanya.

Kendati demikian, Bang Yos enggan memberikan keterangan bagaimana akhirnya 10 sandera tersebut bisa dibebaskan, apakah lewat membayar tembusan atau tidak.

"Nanti akan ada penjelasan dari pemerintah, sementara itu dulu," pungkasnya.

Identitas WNI yang Dibebaskan Abu Sayyaf

Seorang yang tidak diketahui secara misterius meninggalkan 10 WNI tersebut di depan rumah gubernur Sulu, Abdusakur Tan.

Seperti diberitakan laman the Star, Minggu (1/5), polisi wilayah Provinsi Sulu, Wilfredo Cayat mengatakan 10 WNI yang dibebaskan adalah para ABK kapal tunda yang disandera akhir Maret kemarin.

"Sandera yang dibebaskan adalah ABK kapal tunda, mereka diculik di perairan Sulu pada 28 Maret 2016," ujar Cayat.

Diketahui, kepolisian setempat sebelumnya sempat merilis daftar nama 10 ABK WNI tersebut. Mereka adalah, Peter Tonson, Julian Philip, Alvian Elvis Peti, Mahmud, Surian Syah, Surianto, Wawan Saputria, Bayu Oktavianto, Reynaldi dan Wendi Raknadian.

Namun, saat ini belum diketahui pasti apakah benar nama tersebut adalah 10 WNI yang telah dibebaskan, mengingat jumlah WNI yang disandera jumlahnya mencapai 14 orang.


Sumber:http://news.okezone.com/read/2016/05/01/337/1377418/bin-10-wni-sandera-abu-sayyaf-telah-dibebaskan

Postingan terkait: