Secangkir Kopi JAWA Dibalik TEKNOLOGI Informasi Dunia


INDOSEJATI.com - Di postingan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang sejarah nama & logo "JAVA". Sobat semua pasti sudah tidak asing dengan kata JAVA, bahkan saya sekarang juga sedang menggunakan HP java. Tapi darimanakah nama JAVA dan logo JAVA yang berbentuk secangkir kopi panas ? Bagi yang belum tau silahkan simak baik-baik artikel ini yang saya dapatkan dari beberapa sumber.

Sejarah Singkat Nama & Logo "JAVA"

Java pertama kali dibuat oleh James Gosling & para penemu dari Sun Microsystem yang tergabung dalam Green Project tahun 1991-1992. James Golsing dan teman-temannya berhasil membuat sebuah program dan dinamakan OAK. Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja "bapak java", James Gosling. Tapi sayangnya nama OAK sudah dipakai oleh perusahaan Oak Technology.


Karena itu, mereka pun harus memikirkan beberapa nama untuk program tersebut, diantarannya Silk, DNA, dan JAVA. Belum diketahui siapakah yang mengusulkan nama JAVA tersebut. Tapi kabarnya nama JAVA itu diambil dari nama tiga develover kuncinya: James Gosling, Arthur van hooff, dan Andy Bechtolsheim.

Ada kabar lain yang diperkirakan lebih benar tentang penamaan JAVA ini. Yaitu ketika James Gosling dan teman-temannya sedang pergi ke Indonesia, tepatnya di pulau Jawa. Mereka memikirkan nama baru untuk program buatannya tersebut. Dan saat James Gosling dan para rekannya meminum secangkir kopi panas yang berasal dari Jawa, James Gosling pun terinspirasi dengan secangkir kopi panas yang diminumnya tersebut.

Apalagi James Gosling dan rekannya tersebut adalah pecinta kopi. Tanpa pikir panjang lagi, mereka pun langsung memberi nama program buatannya dengan nama JAVA yang terinspirasi dengan Kopi Jawa (Java Coffee) dari negara tercinta kita Indonesia. Dan JAVA pun diluncurkan ke publik pada tahun 1995 dengan Logo yang berbentuk sebuah Kopi Panas kesukaan James Gosling sendiri.

Pada awalnya Java digunakan untuk program device kecil. Pada saat itu JAVA belum populer.
Tapi seiring waktu berkembang, JAVA pun diarahkan untuk internet, software, dan masih banyak lagi lainnya. Dan sejak itulah JAVA langsung populer dan terkenal di seluruh dunia.



Arti Logo "JAVA"

Logo JAVA ternyata mempunya arti juga. JAVA memiliki logo dengan bentuk secangkir kopi panas yang mempunyai 8 baris di total, 6 baris untuk cangkir dan piring serta 2 garis untuk uap.

1. Arti Warna Uap (merah) : Warna merah artinya API. Jadi JAVA Diibaratkan seperti Api yang membara, bahwa JAVA tidak akan pernah padam untuk terus berkembang dalam segala bidang.

2. Garis biru melengkung/berputar membentuk badan gelas dan piring : JAVA akan selalu berpikir (memutar otak) untuk selalu menciptakan inovasi baru.

3. Pegangan Cangkir : Dalam kehidupan asli berfungsi sebagai pegangan dalam membawa cangkir tersebut. Dalam Logo ini berarti JAVA menjadi pegangan semua orang dan digunakan untuk semua kalangan.

Ya mungkin itulah sedikit sejarah yang bisa saya jelaskan tentang nama dan logo JAVA. Semoga postingan di atas bermanfaat. Terima kasih.


Sumber: http://okt3ri117-httyd.mywapblog.com/sejarah-singkat-nama-logo-java.xhtml

Postingan terkait: