Daftar Negara Asia Paling Korup, Indonesia Ada di Urutan Berapa?


INDOSEJATI.com-Singapura masih menjadi negara paling tidak korup di Asia, sementara Korea Utara bertahan menjadi negara Asia paling korup. Penilaian tersebut berdasarkan Transparacy International's Corruption Perception Index (CPI) pada 2015.

Seperti namanya, CPI mengukur persepsi korupsi di suatu negara, bukan korupsi yang sebenarnya lantaran mustahil untuk dihitung. Peringkat tahunan digunakan sebagai tolok ukur upaya suatu negara dalam memerangi korupsi.

Berada di peringkat delapan dunia seperti diberitakan laman Asian Correspondent, Rabu (27/1), Singapura adalah negara paling bebas korupsi di Asia. Meski peringkat ini tergelincir satu angka dari laporan sebelumnya, dimana Singapura berada di posisi tujuh. Sementara Korea Utara berada di posisi ke-167 dan tetap menjadi negara paling korup di Asia.

Malaysia merosot ke posisi ke-54 dari sebelumnya di peringkat ke-55. Sedangkan Indonesia mengalami prestasi baik dengan ada di peringkat ke-88 dari sebelumnya di posisi 107.

Transparacy International melihat penurunan peringkat Malaysia karena adanya skandal korupsi yang melibatkan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Rekening pribadinya menerima sekitar 700 juta dolar AS dari 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

"Skandal 1MDB Malaysia membawa fokus yang tajam, bagaimana kepemimpinan politik benar-benar berkomitmen untuk memerangi korupsi di seluruh masyarakat," tulis Transparacy International dalam laporannya.

Sementara itu, Kamboja, Myanmar dan Laos terus merana di peringkat bawah, yakni di urutan 150, 147 dan 139 merujuk ke tidak adanya perubahan di wilayah Greater Mekong. Sedangkan Cina menduduki peringkat ke-84 pada 2015, naik dari sebelumnya yang berada di peringkat 100 pada 2014.


Sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/01/27/o1lupv383-daftar-negara-asia-paling-korup-indonesia-ada-di-urutan-berapa

Postingan terkait: