Kampung Deret Apik, Warga: Ini Semua Karena Pak Jokowi


INDOSEJATI.com - Kampung Deret Petogogan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, diresmikan Jokowi ketika menjadi gubernur DKI pada 4 April 2014. Warga menyebut kampung yang tadinya kumuh dan kini menjadi layak huni ini berkat 'tangan' Jokowi.

"Ini semua karena Pak Jokowi. (Kampung Deret Petogogan) Jadi layak sejak ada Pak Jokowi," ujar Murni (28), warga setempat ketika ditemui di rumahnya, Jumat (18/3/2016).



Dua tahun telah berlalu sejak peresmian dan kampung itu masih tetap tertata apik.

Kondisi ini tentu saja Murni merasa kerasan tinggal di rumahnya. Dia merasakan perbedaan yang luar biasa setelah rumahnya direnovasi dengan biaya dari pemerintahan Jokowi sebesar Rp 54 juta per kepala keluarga.

"Saya baru 2 tahun ngerasain pakai keramik dan rumah nggak bocor serta nggak becek. Kalau dulu air masuk ke rumah sampai bau dan bikin pusing," kata Murni yang tinggal bersama suami dan tiga anaknya itu.



Maisaroh (48), warga Kampung Deret Petogogan lainnya, juga merasakan kenyamanan setelah rumahnya menjadi apik. Padahal dulunya dia sempat ragu rumahnya akan menjadi bagus.

"Dulu saya sempat nggak mau waktu dibilang bakal dibangun. Takutnya nggak balik lagi. Eh pas peresmian Pak Jokowi bilang kok dienakin malah nggak mau. Sekarang yang nikmatin siapa kan ibu-ibu semua, ternyata jadinya bagus. Ya udah deh saya nyaman di sini," kata Maisaroh.

Reni (30) juga sependapat dengan Murni dan Maisaroh. Sekarang kampungnya menjadi tempat yang aman ketika anak-anak bermain.

"Ya ampun dulu geli banget deh. Soalnya dulu kumuh dan nggak teratur. Manusia-manusianya numpuk. Kalau sekarang lebih enak dilihat, nggak terlalu jorok juga. Anak-anak punya tempat main meski kecil, jadi lebih aman," tutur Reni.

Selain direnovasi rumahnya, warga juga mendapat sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB).

Kampung deret di Jakarta ada di beberapa tempat seperti di Tanah Tinggi, Semper, dan Cipinang Besar Selatan (Cibesel). Kampung deret adalah konsep Jokowi untuk menertibkan kampung kumuh menjadi layak huni.

Sumber: https://news.detik.com/berita/3168343/kampung-deret-apik-warga-ini-semua-karena-pak-jokowi

Postingan terkait: