BANGGA! Penobatan Walikota Terbaik Dunia, Nomor Berapa Bu Risma & Ridwan Kamil?



INDOSEJATI.COM. Tampuk Walikota Terbaik Dunia sudah diumumkan oleh The World Mayor Prize (WMP), sebuah yayasan dunia yang concern terhadap kepemimpinan perkotaan melalui situsnya www.worldmayor.com. Gelar Walikota Terbaik Sedunia Tahun 2014 yang baru diumumkan pada tahun 2016 ini jatuh kepada Naheed Nenshi, walikota Calgary, sebuah kota besar di Kanada. Yang lebih membanggakan lagi, di urutan ketiga walikota terbaik sedunia diberikan kepada walikota Surabaya Indonesia Tri Rismaharini. Sementara Walikota Bandung, Jawa Barat, Ridwan Kamil yang tahun lalu prestasinya meroket, sementara tidak masuk sebagai kandidat.

Apa yang membuat Risma menjadi terbaik? Laman tersebut menjelaskan bahwa kebijakan Risma yang telah membuat sebagian besar lahan kosong menjadi ruang terbuka sangat diapresiasi. Ada sebelas taman besar di Surabaya dengan tema yang berbeda. Banyak taman juga  menyediakan akses wifi.

Ada juga perpustakaan, pusat kebugaran, dan fasilitas olahraga lainnya. Surabaya juga telah memperbesar ruang terbuka lainnya, seperti pemakaman, yang berfungsi sebagai resapan air. Dia juga dilihat dari  kiprahnya menutup lokalisasi. Termasuk selalu mendampingi keluarga korban kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di perairan Selat Karimata pada 28 Desember 2014.

Kabag Kerja Sama Pemkot Surabaya, Ifron Hady Susanto menerangkan bahwa penghargaan semakin meneguhkan nama Kota Surabaya di dunia internasional.

Sementara Walikota Calgary Naheed Nenshi yang juga merupakan seorang muslim dinobatkan sebagai walikota terbaik dunia versi World Mayor. Penghargaan ini sebagai pengakuan atas usahanya dalam membuat peningkatan kehidupan masyarakat di salah satu kota terbesar di Kanada itu.

“Dia (Nenshi) seorang visioner perkotaan yang tidak mengabaikan seluk-beluk pemerintah daerah,” tulis pernyataan City Mayor Foundation, penyelenggara ajang penghargaan ini.

“Bagi banyak orang di Amerika Utara dan Eropa, Walikota Nenshi menjadi panutan dalam manajemen, inklusivitas dan berpikir ke depan.”

Nenshi merupakan walikota Kanada pertama yang memenangkan penghargaan ini. Di urutan kedua adalah Daniel Termont, Walikota Ghent, Belgia, dan urutan ketiga adalah Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

Penghargaan walikota terbaik ini dilakukan setiap dua tahun sekali oleh World Mayor. Nenshi merupakan walikota beragama Islam pertama di Amerika Utara pada tahun 2010. Saat ini, dia menjalani masa jabatan kedua dan merupakan Walikota Calgary ke-36. Calgary merupakan kota keempat terbesar di Kanada.

Sumber: http://serambimata.com/2015/02/08/walikota-terbaik-di-dunia-seorang-muslim-di-kanada-risma-urutan-ketiga/

Postingan terkait: