KEREN! Peringkat Para Pemimpin Negara yang Dicintai Netizen Dunia, Jokowi Nomor Berapa?

Berdasarkan studi terbaru dari Burson-Marsteller selaku firma komunikasi global, hampir 90% dari semua pemerintah di dunia memiliki akun Facebook resmi. Tercatat 87 kepala negara, 82 kepala pemerintahan, serta 51 menteri luar negeri memiliki laman pribadi di Facebook.



Berdasarkan data penelitian 'Twiplomacy' edisi pertama di tahun 2016 dari Burson-Marsteller, ditemukan bahwa 169 dari 193 negara-negara anggota PBB memiliki akun Facebook resmi.

"Penelitian pertama tentang penggunaan Facebook di kalangan pemerintah ini memberikan pandangan berharga tentang praktik-praktik komunikasi di kalangan pemimpin-pemimpin politik di seluruh dunia," ungkapDonald A. Baer, Worldwide Chair dan CEO, Burson-Marsteller dalam keterangan persnya.

Ia melanjutkan, "Banyak manfaat yang dapat dipelajari oleh korporasi, NGO dan sektor-sektor lainnya dari cara pemerintah dan para pemimpinnya menggunakan Facebook. Dengan menunjukkan sisi kemanusiaannya, mereka menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan rakyatnya."

Selama delapan tahun terakhir, Facebook telah menjadi platform pilihan para pemimpin dan pemerintah dunia untuk berinteraksi dengan masyarakat. Pada 4 Januari 2016, secara keseluruhan semua pemimpin dunia mengumpulkan jumlah 'likes' sebanyak 230.489.257 dan telah mempublikasikan sekitar 302.456 post.

"Penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah semakin mengerti dan menjadi lebih profesional dalam menggunakan jejaring sosial. Sebuah temuan yang menggembirakan dari penelitian ini adalah bahwa dalam hal materi yang mereka publikasikan, pemerintah-pemerintah tersebut mengedepankan kualitas dibandingkan kuantitas," ujar Jeremy Gallbraith, CEO Burson-Marsteller Eropa, Timur Tengah & Afrika dan Global Chief Strategy Officer.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama menjadi pemimpin dunia yang paling populer di Facebook dengan 46 juta likes pada laman kampanye-nya. Obama hampir disusul oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi dengan 31 juta fans pada laman pribadinya, dan 10,1 juta fans di laman insitusionalnya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdo─čan, Presiden Indonesia Joko Widodo, dan Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi melengkapi daftar lima besar pemimpin-pemimpin dunia yang paling populer, dengan masing-masing mencatat lebih dari 5 juta likes.

Di Asia, Jokowi menduduki posisi kedua setelah Narenda Modi  dari India sebagai pemimpin yang paling disukai, diikuti oleh Noynoy Aquino dari Filipina, dan Presiden India, Pranab Mukherjee.

Postingan terkait: